Jumat, 10 Juni 2016

Tips Mengajari Anak Agar Cepat Bisa Berbicara

Tips Mengajari Anak Agar Cepat Berbicara - Anak bisa bicara menjadi salah satu perkembangan yang dialami oleh anak ini merupakan hal yang sangat penting oleh para orang tua untuk memerhatikannya yaitu diantaranya fase pada saat sianak mulai belajar berbicara. Pada difase inilah nanti akan timbul kecerdasan sianak yang dapat ditandai dari ocehan-ocehan sianak yang beragam kata. Dan sudah pasti hal ini menunjukan bahwa sianak ini memiliki daya ingat atau menghafalnya itu tinggi, dan sianak dapat menghafal berbagai macam kosakata yang sudah anak dengan dan pada saat sianak ini mengucapkan ataupun merangkai kata-kata menjadi kalimat yang dapat dimengerti oleh orang-orang yang berada disekililingnya, ini merupakan hal yang sangat bagus bagi perkembangan anak.

Memang sih, setiap anak itu memiliki waktu yang berbeda dalam tahap atau proses belajar berbicaranya, Ada yang prosesnya itu lambat dan adapula yang cepat. Oleh karena itu, anda harus melatih anak anda agar sianak ini sudah dapat berbicara secara fasih dalam usia masih kecil. Pasti disetiap orang tua pernah memiliki pengalaman dalam melatih anaknya untuk lancar berbicara.

Cara cepat agar anak bisa bicara

tips mengajari anak bicara
1. Bunda harus sering mengajak anak berbicara, walaupun sianak ini belum mengerti sepenuhnya akan tetapi sianak nantinya akan mengingat kata-kata yang pernah kita ucapkan. Pada saat ia mulai bisa berbicara maka sianak nanti akan mengekspresikan kata-katanya.

2. Bunda harus berhati-hati dalam memilih kata-kata pada saat sianak berada didekat kita. Mengapa harus berhati-hati dalam memilih kata-kata? Karena sianak ini daya ingatnya masih sangat tinggi dan juga mudah diserap oleh dia. Anda harus menghindarkan kata-kata yang tidak baik seperti kata kotor. Anda harus mengetahui ini, setiap kata-kata yang diucapkan oleh orang tua, maka nantinya sianak akan menirunya.

Baca juga : Tips Mengajarkan Anak Agar Patuh Dan Nurut Sama Orang Tua

3. Agar lebih mudah dimengerti dan pahami, maka ajaklah anak anda ngobrol dalam kondisi atau suasana yang menyenangkan. Contohnya itu seperti, pada saat ada pesawat anda harus mengajak anak untuk melambai-lambaikan tangan ke pesawat agar sianak senang, dan disitu juga anda harus bercerita mengenai pesawat yang dapat terbang keseluruh dunia. Selain itu juga, anda dapat menggunakan lagu-lagu mengenai pesawat terbang.

4. Pada saat sedang mengobrol anda harus tahu bahwa sianak ini sedang menaruh perhatian. Anda harus memerhatikan sianak, apa yang sedang dia lihat. Jika sianak ini sedang melihat atau memperhatikan sesuatu, disinilah anda harus mengajak anak anda berbicara mengenai apa sesuatu yang dilihat oleh sianak.

5). Anda harus memberikan makanan padat sesuai usia anak, agar otot bicaranya terangsang.

6). Janganlah menyerah pada saat anda mengajarkan berbicara .

Tips: Bunda harus mengkonsultasikan anak anda kepada ahli jika sampai usia 18 bulan sianak belum sama sekali mengucapkan kata-katanya. Seperti mengeluarkan suara seperti "ba..ba" "Ma..ma" "Da..da" "Pa..Pa" dan sianak belum mengerti nama-nama anggota tubuh utama seperti tangan, kepala, kaki. Hal ini merupakan salah satu tanda dari anak yang lambat dalam proses berbicara, ini harus segera ditangani oleh para ahli.

Advertiser