Sabtu, 18 Juni 2016

9 Cara Melindungi Anak Dari Bahaya Internet

Hai Bun, Zaman sekarang sudah kian maju dan tidak jauh dari yang namanya internet. Internet itu seperti pisau, adakalanya memiliki dampak positif bagi kita adakala juga sangat berbahaya terutama untuk anak-anak. di internet banyak sekali macam konten yang disajikan, dari mulai ilmu pengetahuan sampai konten yang tidak bagus untuk perkembangan anak. Internet juga merupakan salah satu faktor yang menjadi pemicu karakter anak Kita.

Untuk itu sebagai Orang tua yang peduli masa depan anak, sebaiknya mulai sekarang Bunda harus memperhatikan penggunaan internet yang dilakukan anak-anak dengan melakukan beberapa tips dibawah ini.

dampak positif internet bagi anak
1. Buat aturan penggunaan internet dengan anak
anda harus membuat aturan yang jelas dan ketat dengan anak anda guys mengenai pemakaian gadget dan koneksi internetnya agar sianak ini menggunakannya tidak berlebihan. Yang perlu anda lakukan menentukan apa saja yang boleh dilakukan didalam internet, berapa lama durasi penggunaannya dan kapan waktunya. Contohnya itu seperti adek hanya boleh memainkan gadget dan internetnya diwaktu sore dan durasinya 2 jam saja, karena pada saat pagi hari adek harus sekolah dan siang hari tidur.

dan sedangkan pada waktu malam hari adek harus belajar(Mengerjakan pekerjaan rumah [PR]) dan tidak boleh menggunakan gadget dan internet. adik boleh menggunakan gadget dan koneksi internet kalau memang darurat mengerjakan tugas yang dicari diinternet. Pada saat waktu libur anda boleh menambahkan durasi penggunaannya guys. Contohnya dihari biasa penggunaan hanya 2 jam, dan jika hari libur hanya 3 jam seharinya. Peringatan ini bukan seharian guys, akan tetapi diwaktu sore saja. Walaupun pada saat libur juga tidak seenaknya menggunakan internet seharian, hal ini dikarenakan tidak baik bagi anak.

2. Orang tua yang mengatur anak, bukan sebaliknya.
Anda harus menghindari aturan dari anak guys, jangan mau orang tua diatur anaknya dalam penggunaan gadget dan internet. Akan tetapi, orang tua harus tegas dalam mengatur anaknya yang masih kecil agar sianak ini disiplin. Dan sudah pasti semua orang tua sayang terhadap anaknya, akan tetapi rasa sayang ini bukan berarti memberikan fasilitas terhadap anak yang diinginkan guys. Jika sianak ini menggunakan gadgetnya sudah terlalu lama anda harus menghentikannya, jika sianak menolah pada saat dihentikan dengan cara menangis maka bersikap tegaslah dan berilah pengertian.

3. Jangan berikan gadget pada balita
Untuk lebih baiknya anda jangan memberikan anak gadget pada saat usia balita dikarenakan hal ini dapat mengakibatkan dampak yang negatif bagi masa pertumbuhannya, Seperti dampak kesehatan matanya, Pertumbuhan sel otaknya, dan Kepekaan terhadap dunia luar.

Anda perlu mengingat ini bahwa setiap teknologi itu dapat kita pelajari dengan mudah guys dan prosesnya cepat, oleh karena itu anda tidak perlu khawatir ketinggalan zaman karena tidak dapat memberikan anak anda gadget. Anda boleh memberikan gadget ke anak anda jika sianak ini sudah mengerti dan memahami mana yang baik dan mana yang buruk guys. Jadi sianak ini sudah dapat akal dan panduan tersendiri mana yang dilarang dan mana yang boleh kita lakukan dengan gadget itu.

4. Masuk dan libatkan diri anda kedunia online anak
Hal yang satu ini merupakan hal yang sangat penting bagi orang tua, karena melibatkan diri dalam kehidupan online anak dengan gadget dan aktivitas yang dia lakukan ini dapat mengetahui apa yang anak lakukan setiap saat. Tidak hanya didunia nyata guys yang perlu anda ketahui akan tetapi didunia maya pun juga harus. Anda harus mengetahui temannya dia dan aktivitas yang dia lakukan.

Baca juga : 6 Cara Mengajarkan Disiplin Pada Anak

5. Jadilah sahabat anak
Anda harus meyakinkan anak anda bahwa sianak ini tidak melakukan hal yang dilarang oleh anda guys, dan perlu anda ingat janganlah mudah menyalahkan anak anda guys. selain itu juga, anda harus memberi saran keanak anda jika mereka menemukan hal-hal yang tidak baik beritahulah orang tua. Anda harus berperan sebagai teman dari anak anda agar sianak ini memiliki sifat yang terbuka dengan anda dan mau curhat, dan tidak menyembunyikan hal yang pernah dilihat oleh anak diinternet.

6. Ajarkan anak untuk melindungi privasi
Ajarkanlah kepada anak anda betapa pentingnya privasi dan anda harus mengingatkan anak anda untuk melindunginya. Tidak semua hal boleh kita publikasikan kedunia maya, Jangan sembarangan guys memposting hal-hal yang menurut anda itu privasi, ajarkanlah anak anda dalam melindungi privasi. Contoh kecilnya itu seperti janganlah memberi alamat rumah keorang yang tidak kita kenal, Alamat sekolah, Nomor telefon, Dan foto-foto kita sendiri. Dikarenakan hal ini dapat disalah gunakan guys oleh orang. Peringatilah anak anda agar tetap waspada, dan tidak sembarangan dalam segala melakukan hal-hal apapun yang menyangkut diri sendiri maupun orang lain.

7. Jangan abaikan lokasi, taruhlah komputer ditempat yang mudah dipantau
anda harus memperingati anak anda dalam penggunaan gadget, laranglah jika gadget itu digunakan dikamar pribadi ataupun ruangan yang tidak dapat anda pantau. Oleh karena itu sebaiknya anda memberikan penggunaan gadget kepada anak anda diruang tamu.


8. Memberikan pengertian dan saran positif
Hal yang pertama perlu anda lakukan sebelum memberi anak anda sebuah gadget dan koneksi internya itu adalah harus memberikan saran yang positif dan serta pengertiannya juga. yang dimaksud pengertian dan saran disini adalah memberitahu dan memperingati anak untuk menggunakan gadget dan koneksi internetnya itu untuk hal-hal yang positif, contohnya itu seperti ada tugas dan disearching ke google atau semacamnya. Selain itu juga, anda harus melarang keras anak anda menggunakan gadget itu dengan keperluan yang negatif.

9. Setting mesin pencari agat aman ketika disearching
Mesin pencari itu contohnya seperti google, google ini dapat mencari apapun yang ada didalam internet. Jika hal ini tidak difilter maka anak anda dapat melihat yang tidak-tidak guys. Akan tetapi jangan khawatir guys, google sudah menyediakan fitur untuk memfilter. Dibawah ini merupakan cara yang singkat melakukan setting google agar tidak menampilkan hal yang negatif.
- Buka google, Klik menu setting/pengaturan yang terdapat dikanan bawah.
- Pilih Search Settings/Pengaturan pencarian
- Ceklis pada pilihan Turn on SafeSearch yang ada di bagian SafeSearch Filters.\

Demikian inilah beberapa informasi mengenai cara melindungi anak dari bahaya internet. Semoga bisa membantu Bunda untuk menjaga anak dari dampak negatif dan positif dari internet

Advertiser