Jumat, 03 Juni 2016

6 Tips Menjadikan Anak Agar Tetap Sehat Dan Cerdas

Tips Menjadikan Anak Agar Tetap Sehat Dan Gemuk - Apakah anak Bunda sering sakit demam, pilek atau masalah penyakit lainnya seperti diare? Sistem imun anak kecil memang masih lemah, jadi harap maklum saja. namun jika anak keseringan sakit juga tidak baik Bunda. Bunda juga perlu memperhatikan kesehatan anak dan menjaga asupan gizi serta nutrisinya. Agar anak tetap sehat dan gemuk bunda bisa mengikuti cara cara dibawah ini.

tips agar anak sehat dan cerdas
1. Berikan asupan gizi yang cukup
Anda sebagai orang tua harus mengajarkan anak untuk membiasakan diri mengonsumsi makanan yang sehat sejak dini. Anda harus mencegah anak untuk mengonsumsi makanan-makanan junk food dan anda harus menggantinya dengan makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Pada sianak ini masih dimasa Pertumbuhan, Otak anak ini sangat membutuhkan nutirisi, yang harus anda berikan kepada anak itu seperti Asam lemak Omega-3. Anda bisa mendapatkan Asam lemak Omega-3 ini dari ikan. Ikan sangat digemari oleh anak seperti ikan salmon, tuna dan cod. Jika sianak ini sangat suka mengonsumsi ikan tersebut, maka sudah pasti sianak ini memiliki kemampuan berfikir yang sangat tajam dan mungkin sianak akan menghasilkan nilai yang baik pada saat ujian.

2. Berikan Susu formula terbaik atau ASI Eksklusif
Jika orang tua memiliki anak yang masih seusia bayi, maka orang tua itu memiliki peluang masih terbuka lebar untuk meningkatkan kecerdasan si anak. Memberinya ASI Eksklusif selama 9 bulan ini merupakan salah satu cara yang paling efektif guys untuk meningkatkan kecerdasan sianak. Setiap bayi yang diberi ASI Eksklusif selama 9 bulan, Maka sibayi ini akan mengalami pertumbuhan yang signifikan dan perkembangan potensial dalam hal kecerdasannya lebih meningkat dari pada bayi yang diberiskan ASI selama 1 bulan saja.

3. Ajak untuk berolah raga
Pada saat masih anak-anak, fisik yang sehat dan bugar ini memiliki hubungan yang sangat kuat dengan kemampuan potensial akademik anak. Pada umumnya semua aktivitas fisik seperti olahraga sangat berhubungan kuat dengan prestasi belajar sianak. Faktor yang sangat mempengaruhi anak ditingkat kecerdasannya itu adalah Meningkatnya aliran darah dan oksigen ke otak pada saat berolahraga.

Baca juga : Ini 3 Tanda Gejala Anak Kekurangan Nutrisi

4. Kenalkan musik
Memperkenalkan musik ke anak ini juga dapat menjadi cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan otak anak. Ada pernyataan bahwa setiap anak-anak yang bisa bermain musik ini memiliki perkembangan yang pesat dalam IQ dan kemampuan akademik saat sianak mulai beranjak keremaja.

5. Ajak Anak untuk membaca
Membaca merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi manusia dan tanpa melihat usia. Cara yang sangat tepat dalam proses peningkatan pengetahuan dan perkembangan kognitif anak adalah Membaca. Pada saat anak-anak sering sekali terbiasa untuk membaca, maka ada 8 aspek yang muncul pada diri anak, yaitu aspek sensori, sekuensial (tata urutan kerja), pengalaman, persepsi, belajar, berpikir, afeksi, dan asosiasi. di Delapan aspek ini merupakan faktor yang sangat penting dalam proses peningkatan kecerdasan dan kemampuan otak anak.

6. Jangan lupakan sarapan
Sarapan merupakan salah satu hal yang harus anda ajarkan ke anak sebagai kebiasaan, anda sebagai orang tua harus memperhatikan anak dalam sarapan. Jika sianak ini sudah terbiasa sarapan maka memori dan konsentrasi pada saat belajar akan meningkat. Pada umumnya setiap anak-anak yang tidak terbiasa untuk sarapan maka anak itu akan mudah lelah dan sangat sulit untuk berkonsentrasi terhadap pelajaran yang ditangkapnya. Ini disebabkan oleh kandungan gizi yang tidak didapat oleh anak pada pagi hari, sehingga pada waktu siang hari sianak ini kemampuan otaknya menurun.


Tips Menjadikan Anak Agar Tetap Sehat Dan cerdas diatas perlu diperhatikan jika Anak ingin tetap sehat.

Advertiser