Sabtu, 25 Juni 2016

6 Cara Menumbukan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Rasa kurang percaya diri pada anak memang sering menjadi masalah ya Bun? memang tiap anak itu memiliki karakter berbeda-beda beserta kelebihan dan kekurangannya. Tapi... sifat pemalu atau kurang percaya diri pada anak sebaiknya di hindari bun, ajarkan anak sejak dini agar rasa percaya dirinya timbul, sebab takutnya sifat nya itu akan terbawa hinga besar nanti, dan tidak baik untuk kehidupan sosialnya nanti.

Nah agar anak Bunda memiliki rasa percaya diri dan berani, berikut beberapa cara melatih anak agar percaya diri yang bisa Bunda praktekan di rumah.

Cara melatih anak Agar Percaya Diri

tips melatih anak agar percaya diri
1.) Jangan puji anak anda secara berlebihan
Pada umumnya sifat percaya diri ini timbul karena adanya perasaan yang senang dan sedang merasakan kenyamanan ataupun keamanan. Jika kita memuji anak maka ia ini nantinya merasa sedang dicintai dan oleh karena itu timbulah rasa percaya diri yang tinggi dalam benaknya. Nah akan tetapi, Janganlah anda memuji anak secara berlebihan guys karena ini merupakan hal yang tidak baik, Nantinya sianak ini tidak dapat mengetahui dirinya sendiri. Jika ingin memuji anak pujilah sewajarnya saja, maka nantinya sianak akan timbul rasa percaya dirinya dengan baik.

2.) Biarkan anak anda belajar mengambil resiko
Biarkanlah anak anda memulai proses belajarnya dengan mengambil resiko sendiri, jadi yang perlu anda lakukan adalah menjauhkan diri dari anak anda pada saat dia sedang berbuat sesuatu hal. Jika anak anda merasa gagal biarkanlah agar anak anda berdiri sendiri untuk melakukan hal yang lebih baik lagi. Nah hal inilah merupakan pengajaran orang tua yang diberikan kepada anak agar anak berani dalam mengambil keputusan dan resikonya.

3.) Mundur selangkah dan mulai dari awal
Bagi para orang tua tidak ada salahnya untuk melakukan mundur selangkah dan memulainya dari awal agar anak ini muncul rasa percaya dirinya. Yang pertama-tama yang harus anda lakukan adalah membantu sianak dalam proses belajar kompetensi sesuai yang mereka sukai. Nah setelah itu, biarkanlah anak anda mengambil resikonya sendiri dan sesuai yang mereka perbuat, dapat mengambil keputusan sendiri dan menyelesaikan masalah pun sendiri ataupun bertanggung jawab atas hal yang mereka perbuat.

4.) Biarkan anak belajar memilih pilihan dan membuat keputusan
Pada saat anak masih diusia dini biarkanlah anak anda memilih pilihannya mungkin yang mereka pilih itu tepat, nah disinilah mereka merasa bahwa dirinya itu percaya diri. Selain itu juga, Mengambil keputusan dan memilih pilihannya sendiri dalam aktivitas sehari-hari nantinya akan membuat sianak ini bertanggung jawab atas apa yang mereka pilih. Dan berikanlah motivasi agar anak anda mengambil keputusan yang baik, Pilihan yang bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.

Baca juga : 9 Cara Melindungi Anak Dari Bahaya Internet

5.) Semangati anak anda selalu
Nah cara yang terakhir untuk membuat anak Meningkat rasa percaya dirinya itu adalah menyemangati anak anda selalu guys. Hal ini dapat anda lakukan pada saat sianak sedang melakukan pekerjaan yang anak sukai, Nah disitulah anda harus selalu memberinya support agar sianak yakin bahwa dirinya itu bisa melakukannya karena dukungan yang diberikan oleh orang tua.

6.) Biarkan mereka membantu anda dalam Membersihkan rumah
Dalam proses membangun rasa percaya diri yang tinggi pada anak, sikecil ini perlu kesempatan yang nantinya diperbuat untuk menunjukan keahliannya sendiri. Nah anda sebagai orang tua, harus memberi kesempatan kepada anak. Contoh kecilnya itu seperti, Membiarkan anak anda membantu memasak, Membereskan Kamar,Ruang tamu ataupun Membereskan meja makan. Hal ini akan menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi pada benak anak karena telah membantu atau memberi perbuatan yang mungkin bernilai dan timbulah sifat percaya diri pada anak dan meningkat terus.

Itulah yang bisa Kamu lakukan Bunda agar rasa percaya diri anak semakin tumbuh, jangan sampai rasa tidak pede pada anak menghambat kesuksesannya di masa depan.

Advertiser