Minggu, 29 Mei 2016

Tips Membujuk Anak Agar Mau Belajar Di Rumah

cara membimbing anak yang malas belajar - Kadang menjengkelkan ya Bun ketika anak disuruh belajar tapi malah malas dan maunya main terus. Bukan hal yang aneh sih jika sebagian anak malas belajar, karena dalam diri Mereka masih mau bermain-main dan tidak mau memikirkan sesuatu hal yang membuatnya pusing. Tapi, jika hal ini dibiarkan tentunya setelah besar anak tidak bisa membaca dan menulis karena keasyikan bermmain.

Oleh karena itu Bunda harus mempunyai peran penting juga untuk membujuk anak mau belajar, jika di sekolah mungkin guru yang menjadi tanggung jawabnya, tapi kalau di rumah maka tanggung jawab pendidikan anak ada di tangan orang tua. Ikuti dan coba deh tips dibawah ini agar anak mau belajar di rumah.

tips mendidik anak agar mau belajar
1. Yang pertama kenali terlebih dahulu karakter anak
Pertama-pertama yang harus anda lakukan adalah mengenal anak terlebih dahulu dilihat dari karakternya, jadi anda mengetahui apa hal yang dapat memotivasikan sianak ini dengan cara-caranya juga. Hal ini sama seperti pada saat kita menggunakan pendekatan yang berbeda untuk memotivasi dan mengajar anak-anak yang berbeda, hal ini dapat membantu anda, karena nantinya anda tahu cara untuk memotivasikan sianak dan menyatukannya. Apabila anda sudah mengetahui gaya belajar yang anak sukai dan yang paling cocok, maka tugas anda lebih mudah lagi untuk memotivasi anak agar belajar dan menumbuhkan rasa semangatnya. Jika anak anda yang tidak mau untuk belajar ataupun mempunyai masalah dalam proses pemahaman, Maka anda sebagai orang tua harus mendampinginya untuk menyelesaikan masalahnya. Nantinya, sianak akan mengerti dan memiliki rasa ingin untuk menyelesaikan masalah lain dengan dirinya sendiri.'

2. Tidak ada salahnya sesekali memberikan anak penghargaan
Jika setiap orang dewasa bekerja untuk mendapatkan penghasilan atau penghargaan yang berupa gaji, hal ini akan menyenangkan dan memotivasi siapa saja, dan begitu juga yang terjadi pada anak. Jika anak diberikan penghargaan atau reward disetiap ia berprestasinya ini tidak salah kan?, dengan hal ini nantinya sianak akan terpacu untuk berminat belajar dan nantinya sianak akan berusaha untuk berprestasi terus. Penghargaan yang diberikan kepada anak itu tidak harus berupa uang kok, ataupun barang-barang yang anak sukai, namun bisa juga berupa sebuah pujian yang membuat anak tumbuh rasa semangatnya dan dihargai. Oleh karena itu, berilah penghargaan kepada anak setiap anak berprestasi ataupun berhasil melakukan sesuatu hal yang baik.

3. Buat suasana belajar menjadi menarik dengan permainan
Libatkan permainan dalam belajar ini sangat penting bagi-bagi anak kecil. Pada umumnya kebanyakan anak memiliki konsentrasinya hanya berlangsung selama 10-15 menit dan setelah itu sianak akan cepat lelah. Oleh karena itulah, permainan yang dipikirkan oleh sianak ini membuatnya tidak bosan dan anda harus mencari cara yang lebih variatif agar sianak ini terkonsentrasi dalam proses belajarnya. anda harus mencoba hal-hal yang menarik, seperti memberikannya alat tulis yang memiliki gambar ataupun yang berwarna-warni. Hal ini bertujuan menarik perhatian sianak, Berilah jeda sianak untuk bermain disela-sela waktu belajarnya agar sianak tidak mudah bosan. Cara yang bervariatif dan dapat membangun minat anak dalam belajar adalah dengan memberinya game atau permainan yang sederhana dalam waktu belajar, nantinya sianak memiliki rasa ingin dan minat yang tinggi dalam proses belajarnya.

Baca juga Bun : 6 Tips Jitu Agar Anak Tidak Gampang Sakit

4. Beri kesepakatan mengenai waktu untuk belajar
Mendidik anak sejak dini harus diatur dengan waktu, walaupun itu seperti tidur, makan dan belajar agar nantinya sianak disiplin dalam mengerjakan apapun. akan tetapi anda harus memberinya kebebasan, nantinya sianak juga terbiasa untuk menjalankan hal yang sering dilakukan atau rutinitas yang sudah disepakati oleh orang tuanya. Contohnya itu seperti, memberi waktu anak dalam belajar itu pada pukul 5 sore setelah ia selesai bermain, atau anda juga dapat memberinya suprise atau kejutan jika sianak ini tepat waktu.

Cukup dengan 4 cara diatas Insya Allah Bun, jika sudah terbiasa maka anak akan mulai gemar untuk belajar di rumah atau mengerjakan PR. Semoga informasi tentang Tips membujuk anak agar mau belajar di rumah ini bermanfaat ya Bun.

Advertiser