Kamis, 19 Mei 2016

Tips Jitu Mengatasi Susah BAB Pada Anak

Mengatasi Susah BAB Pada Anak - Saat anak menginjak usia masa pertumbuhan, tentunya anak butuh asupan makanan yang sehat. Namun, tentunya Kita juga harus memperhatikan sistem pencernaan anak agar tida tergganggu. Sebab jika keadaan anak susah BAB maka tentunya wajib Kita wapadai Bunda. Kita perlu segera melakukan tindakan untuk mengatasinya.

Penyebab anak susah BAB ada beberapa macam antara lain Karena Kita baru saja memberikan makanan padat pada anak, sehingga membuat sistem pencernaan anak "kaget", dehidrasi, pergantian susu formula, dan beberapa kondisi medis tertentu. Lalu bagaimana tindakan awal yang harus dilakukan saat anak susah BAB? ada beberapa tips yang Bnda bisa lakukan untuk mengobati anak yang susah BAB, seperti berikut ini

Cara Mengatasi Anak Susah BAB

mengatasi anak susah bab
1. Berikanlah makanan yang mengandung banyak serat
Jika anak jarang untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayuran ataupun buah-buahan dibeberapa hari terakhir ini, maka itulah penyebabnya. Oleh karena itu, sering-seringlah anda menyuruh anak anda untuk mengonsumsi makanan yang berserat. Dan ingat, hindarilah makanan keju ataupun daging olahan.

2. Tambahkan cairan
Memang banyak sekali anak yang sulit untuk meminum air yang banyak. anda sebagai orang tua harus membuat sianak anda itu sering meminum air untuk mencegah sembelitnya. Pada saat sianak mengalami susah BAB atau buang air besar, disitulah anda harus memberikannya jus buah, misalnya jus apel atau lainnya. Tambahkan juga asupan cairan kedalam jusnya dengan air putih.

3. Latih anak gunakan toilet
Ada saran dari para ahli di The mayo clinic, yaitu yang berbunyi bahwa setiap orang tua harus mengajak anak mereka untuk duduk ditoilet selama 5-10 menit dalam rentan waktu 30 menit setelah sianak makan. Hal ini dilakukan setiap harinya guys!.

4. Olahraga
Berikut ini adalah cara yang alami untuk membuat usus sianak bergerak dengan murni/ alami, yaitu dengan orang tua mengajak anaknya untuk berolahraga. Hal ini dapat membantu untuk melancarkan proses pencernaan anak anda, dan selain itu juga membuat sianak tubuhnya sehat dan bugar.

5. Akupuntur
Metode akupuntur sudah dikenal sangat bagus untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk membantu mengatasi sembelit (Jika cara lain sudah dilakukan dan tidak mempan). Jika metode ini membuat sianak ini tidak merasa nyaman, maka lakukanlah pemijitan yang lembut pada perut anak anda, hal ini juga dapat mengatasi sembelit.

6. Memberikan makanan probiotik
Walaupun makanan probiotik ini bertentangan mengenai efektivitas sianak, tapi makanan yang mengandung bakteri baik dalam usus juga pasti bisa membantu sianak agar sembelitnya itu sembuh.

7. Mandi air hangat
Mandi air hangat memang terdengar sangat aneh bagi permasalahan pencernaan tubuh, tapi jika anda mengajak anak anda untuk bermandi air hangat. hal ini akan membuat otot-otot tubuh anak anda menjadi lebih santai dan membuat sianak lebih lancar untuk BAB.

Jika susah BAB pada anak tak kunjung sembuh, kami Sarankan untuk pergi ke Dokter, agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Itulah Tips dan cara yang Bunda bisa lakukan untuk mengatasi susah BAB pada anak, umunya anak mengalami susah BAB pada usia 1 - 2 tahun, jadi Bunda harus tetap waspada saat anak dalam masa pertumbuhan, agar pertumbuhan dan perkembangan anak tidak tergganggu.

Advertiser