Sabtu, 21 Mei 2016

Tips Agar Anak Mau Makan Sayur Dan Buah

Tips Agar Anak Mau Makan Sayur Dan Buah - Halo Bun, Lagi kesulitan menangani anak yang susah sekali makan sayur dan buah ya? Umumnya memang anak yang sedang tumbuh kembang tidak suka makan sayur, mereka lebih suka makan makanan yang manis, sehingga tidak heran jika anak lebih suka jajan-jajanan diluar dibandingkan makan sayur.

Memberikan makan anak dengan sayur dan buah sangat penting untuk kebutuhan gizi dan tumbuh kembangnya, jangan sampai anak terlalu banyak makan makanan yang manis atau keseringan jajan diluar yang tidak bagus untuk asupan gizinya. Bunda harus mensiasati anak agar mau makan sayur dan buah dengan berbagai macam cara dibawah ini

Cara mengatasi Anak Suah Makan Sayur

tips agar anak mau makan sayur
1. Sajikan dalam bentuk yang menarik
Sajikanlah sayur atau buah kepada anak anda dengan cara yang menarik atau bentuknya, walaupun ini terdengar aneh. Bentuk makanan dapat mendorong rasa nafsu kita untuk mengonsumsi makanan, karena jika bentuk dari makanan itu menarik pasti selera makan kita jadi meningkat. Hal ini anda harus mengetahui cara atau teknis penyajiannya guys, bagi anda orang tua yang baru ingin memperkenalkan anak anda dengan sayur mayur dan buah-buahan disarankan untuk menghidangkan makanan (sayur/buah) dalam bentuk yang menarik dan disukai oleh sianak, Jadi sianak ini rasa nafsu makannya meningkat untuk mencoba makanannya. Bentuknya yang boleh anda buat itu seperti karakter superhero, barbie, karakter kartoon yang disukai oleh anak anda ataupun bisa juga benda. Selain itu juga, anda dapat menyajikan hidangan sayur dan buah-buahannya itu dikombinasikan dengan makanan yang disukai oleh sianak. Walaupun buah-buahannya itu dalam bentuk yang asli (tanpa olahan) dan dipadukan dengan makanan yang lain. jadi sianak nantinya akan tahu rasa-rasa buah secara asli.

2. Buat Makanan Semenarik mungkin
sediakanlah makanan seperti buah dan sayuran dirumah setiap harinya, walaupun tips ini terdengar aneh. Anda harus mengetahui hal ini jika visual sianak ini diterima oleh sianak maka nantinya ini sebagian dari hal penting yang dapat menimbulkan rasa suka terhadap sayuran dan buah. selain itu juga, jika sianak sering mengonsumsi buah dan sayur nantinya mereka akan terbiasa, dan rasa untuk menyukai sayur ini lebih besar. tapi malah sebaliknya, jika anda sebagai orang tua sangat ingin sekali anaknya menyukai sayur akan tetapi tidak pernah menyediakannya dirumah hal ini percuma saja.

3. Kurangi memberikan makanan ringan.
Bagi anda yang sering sekali untuk memberikan makanan ringan atau kemasan yang banyak kepada anak anda, sebaiknya anda harus menguranginya dan menggantinya dengan buah-buahan, karena hal ini tidak baik bagi tubuh jika terus dikonsumsi. Mungkin, jika diawalnya ini akan sulit untuk mengurangkan makanan ringan, tapi anda harus memperhatikan porsinya atau jumlahnya. pada saat awal, anda dapat memberikannya dengan jumlah yang sedikit dan semakin lama nanti dia akan terbiasa untuk tidak mengonsumsi makanan ringan, dan menyukai buah-buahan dan sayuran.

Baca juga: Tips Jitu Mengatasi Susah BAB Pada Anak

4. Perkenalkan aneka sayur dan buah secara bertahap
Anda sebagai orang tua patutnya harus memperkenalkan aneka sayuran dan buah-buahan lebih cepat kepada anak anda, bahkan pada saat mereka baru boleh mengonsumsi makanan dan mengonsumsi sayuran dan buah. Disinilah silidah anak akan mulai terbiasa dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Karena sayur ini memiliki rasa yang familiar sungguh lezat dan hal ini membuat sianak beranggapan bahwa sayur ataupun buah tidak perlu dihindarkan.

Proses pengenalan buah inilah yang sangat perlu anda perhatikan guys. Anda harus memiliki konsep atau tahapan untuk memperkenalkan jenis-jenis atau macam sayuran dan buah kepada anak anda, Apalagi kita hidup diindonesia yang terkenal sebagai negara pemilik jenis serta varian sayur mayur dan buah-buahannya. Proses pengenalan inilah yang nantinya sianak terbiasa dengan sayur dan buah. Selain itu juga, anda harus menjelaskan ke anak anda manfaat dari sayur ataupun buah itu untuk tubuh jika dikonsumsi.

5. Libatkan langsung dalam proses mengenal sayur dan buah
perasaan Anak akan sangat senang jika dia langsung dilibatkan dalam proses pengenalan sayuran dan buah-buahan, dan sampai proses penyajiannya juga. Ajaklah anak terlebih dahulu untuk mencarikan buah diswalayan, toko buah, ataupun kebuh, dan memberinya kebebasan kepada anak agar sianak memilih buah atau sayuran yang dianggapnya menarik dan sangat ingin mencoba memakannya. Jadi anda hanya menjelaskannya saja mengenai manfaat atau khasiat jika buah itu dikonsumsi oleh sianak. jika sudah selesai dalam proses pencarian ataupun pengenalan sayur dan buah, anda juga dapat melibatkan sianak dalam proses penyajiannya juga.

Itulah beberap tips cara agar anak mau makan sayur dan buah, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Advertiser