Sabtu, 14 Mei 2016

Saat Merawat Bayi Dilarang Lakukan 5 Hal Ini

Halo Bun, Jika Bunda baru saja mendapatkan anak bayi yang baru lahir tentunya Bunda harus punya skill ke-ibuan yang lebih lagi. Karena ada beberapa ibu-ibu yang saat ini masih saja melakukan kesalahan saat merawat bayi yang baru lahir, apalagi bagi ibu-ibu yang baru pertama kali punya anak. pasti mereka belum tahu benar bagaimana cara merawat bayi yang benar.

Nah parahnya lagi nih bu, kesalahan itu sering dilakukan, karena memang sih kalau dilihat sepele sekali, tapi kalau dilakukan secara terus menerus, tidak baik loh buat bayi. Langsung saja bunda, ini beberapa kesalahan merawat bayi yang harus di hindari dari sekarang.

5 Hal Yang Harus Di Hindari Saat Merawat Anak Bayi

cara merawat bayi
1. Membiarkan bayi menangis terus menerus
Cara kontak atau komunikasi bayi itu salah satunya dengan cara menangis. Namun, Menangis ini juga dapat ditandakan sebagai bahwa sibayi ini merasakan hal yang tidak nyaman. Maka dari itu, para ibu juga harus membantunya sibayi agar tidak terus menerus menangis walaupun sudah tidak ada hal yang tidak nyaman lagi. Ada seorang ahli mengatakan bahwa setiap bayi yang terlalu banyak menangis nantinya akan menyebabkan trauma dan tuli pada anak. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan hal ini dalam perawatan bayi dibawah usia 6 bulan.

2. Membiarkan bayi tertidur dengan botol
Mungkin hal ini yang sering dilupakan oleh para ibu, yaitu dengan memberinya susu menggunakan botol dan lupa untuk melepaskannya pada saat sibayi tertidur. Yang terjadi nantinya sibayi akan tersedak pada saat sibayi tertidur karena ia sedang tidur dan tidak menyadarinya. Maka dari itu bagi para ibu usahakanlah untuk memberi ASI yang lama, Karena kalau diberi susu formula mungkin nantinya sibayi kekurangan gizi ataupun akan terjadi masalah pada pencernaannya.

3. Menenangkan bayi menangis dengan cara kasar
Sudah sering sekali terjadi hal seperti menepuk badan anak terlalu keras dan menggoyangkannya terlalu keras agar sibayi berhenti menangis. Padahal hal ini sangat membahayakan sianak, Karena sianak ini memiliki organ internal yang masih lembut/halus, rentan, sehingga sering sekali terjadi kerusakan jika badan sibayi digoyang atau ditepuk terlalu keras. Untuk mencegah hal ini, tenangkanlah bayi anda dengan cara menggendongnya yang lembut.

Baca juga : 7 Cara Menyiasati Anak Yang Susah Makan

4. Memberikan air putih dan makanan selain ASI
Pada saat usia baru lahir sampai 6 bulan, sibayi ini memiliki sistem yang berada didalam tubuh ini masih dalam fase perkembangan ataupun pertumbuhan jadi organ tubuhnya belum sempurna. Bagi para ibu juga harus ingat jangan terlalu banyak memberikan air putih, karena nantinya sistem elektrolis yang ada didalam tubuh ini mengalami ketidakseimbangan dan dapat mengurangi kadar natrium yang terdapat didalam tubuh. Pemberian MPASI pada masa dini atau terlalu dini juga nantinya pencernaan sibayi terganggu atau bermasalah.

5. Posisi tidur salah yang bisa menjadi penyebab kesulitan bernafas
Bagi para ibu harus memperhatikan anaknya agar tidak tertidur dalam posisi tengkurap, pada saat dibawah usia 6 bulan. sibayi ini belum siap untuk berposisi seperti ini, Karena sibayi belum kuat atau tidak mampu untuk mengangkat kepala dan tubuhnya sendiri. Hal inilah yang dapat menyebabkan sibayi sulit bernafas dan menyebabkan komplikasi kesehatan. Selain itu, ibu harus ingat agar tidak memberikan bantal kepada anaknya karena tulang belakangnya dan lehernya masih lunak. Jika diberikan bantal yang terlalu tinggi juga dapat mengakibatkan sulit bernafas.

Gimana Bunda? apakah Bunda sering melakukan hal hal diatas pada bayi Bunda? jika iya. sebaiknya hindari dari sekarang.

Advertiser