Selasa, 24 Mei 2016

Ini Dampak Buruk Jika Sering Memarahi Anak

Hai Bun, jangan suka memarahi anak ya? karena dampaknya tidak baik. perlu Bunda tahu, dalam kepala anak terdapat sepuluh trilyun sel otak anak yang akan tumbuh. Jika Bunda sering membentak dan merahi anak maka yang terjadi 1 milyar sel otak akan terbunuh, bahkan 10 milyar sel otak akan terbunuh dengan satu pukulan dan cubitan. Namun jika Bunda memberikan pujian maka sepuluh trilyun sel otak itu akan tumbuh membangun kecerdasan.

Memarahi ataupun membentak sangat tidak baik Bun buat psikologi anak, tak hanya membuat rasa minder pada anak tetapi juga akan menghilangkan rasa hormat anak terhadap orang tua. bahkan cenderung anak akan mengikuti sikap Anda yang pemarah. untuk info lebih lengkapnya tentang dampak buruk memarahi anak silahkan lihat dibawah ini.

efek dampak buruk memarahi anak
1. Anak akan memiliki rasa minder
Pada saat anda melihat anak anda berulah didepan umum dan anda mengucapkan kata-kata yang kasar terhadap anak anda selain itu anda juga bertindak kasar terhadap anak anda seperti memukulnya atau menjewernya, hal ini sangat berdampak bagi psikologis sianak. Walaupun sianak ini usianya masil kecil, akan tetapi sama halnya dengan orang dewasa anak kecil juga memiliki rasa malu jika dimarahin atau dipukul/dijewer didepan umum oleh orang tuanya dan orang yang ada disekitar anak pada menatap sianak dan disinilah rasa malu anak timbul.

Apalagi jika sianak ini sudah beranjak keusia yang lebih besar, jika dimarahi oleh orang tuanya didepan umum bukan hanya rasa malu diperasaannya akan tetapi ada rasa kekesalan terhadap orang tuanya. Hal tersebut dapat berdampak buruk seperti, Mengurangi percaya diri anak dihari kedepannya, dan mungkin nantinya sianak tidak akan ada rasa hormatnya terhadap orang tuanya.

Pastinya tidak ada satupun anak yang suka dimarahin ataupun dipojokin. Walaupun sianak dimarahi ditempat yang sepi seperti rumah anak juga memiliki perasaan tidak senang apalagi ditempat umum. Kebanyakan dari setiap orang tua yang melakukan hal ini kepada anaknya didepan umum, bukan bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri ataupun kedisiplinan hidup melainkan bertuju ke perasaan malu yang dirasakan oleh sianak saat dimarahi orang tuanya didepan umum. Pada umumnya orang tua takut bila dikategorikan sebagai orang tua yang tidak mendidik jika tidak memarahi anaknya jika melakukan kesalahan.

2. Rasa hormat anak terhadap orang tua berkurang
Poin ke-2 ini menyambung dari poin yang pertama, Setiap tindakan yang dilakukan oleh orang tua pada saat memutuskan untuk memarahi anak didepan umum maka nantinya sianak akan timbul rasa kebencian dan rasa kekesalan ataupun rasa tidak suka terhadap orang tuanya. Karena hal yang dilakukan oleh orang tuanya itu membuat sianak ini malu. Jika para orang tua memarahi anaknya didepan umum untuk bertujuan meningkatkan kedisiplinan anak maka orang tua itu salah/keliru. Anda harus mengingat hal ini, setiap anak yang ada didunia ini memiliki kepribadian dan karakteristik yang berbeda-beda.

Baca juga: Tips Agar Anak Mau Makan Sayur Dan Buah

3.Anak akan sulit untuk bersosialisasi
Pada saat anda sedang berada disuasana yang panas atau sedang marah kepada anak dan melontarkan kata-kata kasar seperti "Kamu jangan Bodoh!". Hal ini akan berdampak sangat buruk terhadap anak yang dimarahi, karena nantinya sianak akan berfikir bahwa dirinya itu memang bodoh. Hal ini sangat berefek bagi anak.
Anda harus memerhatikan ucapan yang setiap anda lontarkan, memberikan sianak dengan kategori "bodoh" hal ini tidak berpengaruh terhadap kedisiplinan sianak melainkan sebaliknya sianak nantinya akan berbuat yang lebih buruk lagi.

Memarahi anak dengan cara yang tidak bagus seperti memberinya predikat pastinya hal ini sangat berdampak negatif bagi kepribadian sianak karena sianak nantinya tidak memiliki perkembangan ataupun pergaulan. Mungkin pada ketika sianak sudah beranjak kedewasa, kata-kata(bodoh) yang dilontarkan orang tua ini kepada sianak mungkin masih melekat atau terpikir pada hatinya atau kepribadiannya. dan mungkin nantinya sianak akan hilang rasa percaya dirinya atau pesimis dan takut untuk bersosialisasi dengan warga sekitarnya ataupun disekolahnya.

Gimana Bun, apa masih mau memarahi anak bahkan memukulnya? lebih baik jangan deh Bun, sebab dampak buruknya itu tidak bagus untuk psikologi serta tumbuh kembangnya.

Advertiser