Rabu, 25 Mei 2016

Cara Mengatasi Anak Manja Agar Mandiri

Cara Mengatasi Anak Manja Agar Mandiri - Tiap orang tua pasti ingin punya anak yang madniri dan tidak manja. Untuk mengatasi hal itu tentu Bunda harus mendidik anak sejak dini agar sifat manja dan malas tidak terbawa hingga ia besar. Tidak mau kan Bun, jika anak Kita sangat bergantung pada orang tuanya? sehingga nanti diki-dikit anak nangis. Nah untuk itu sebagai orang tua harus pintar pintar mendidik anak sejak dini sehingga jika sudah besar anak akan terbiasa hidup mandiri.

Anak kecil memang terlihat polos dan menggemaskan, sehingga membuat orang tua berusaha membantu mereka dalam hal apapun. Jika anak sudah manja maka cenderung akan keras kepala dan nakal ciri ciri anak manja bisa dilihat seperti jika ingin sesuatu ia menangis sambil telentang di lantai, ketika dihukum anak akan marah dan melawan orang tua, suka pamer, dan masih banyak lagi hal negatif lainnya. Lalu bagaimana sih cara mendidik anak agar tidak manja? ada beberapa hal yang Bunda harus lakukan saat mendidik anak agar tidak manja sepeti berikut ini

Cara Mendidik Anak Agar Tidak Manja

cara mengatasi anak manja
1. Jangan sering melarang anak
setiap anak mungkin memiliki rasa ingin tahunya itu sangat besar, sehingga sianak ini sangat ingin untuk mencoba hal-hal secara leluasa. akan tetapi jika sianak ini memiliki masalah atau terjadi hal-hal yang tidak dinginkan disinilah posisi orang tua sedang cemas atau ketakutan. Oleh karena itu, pada umumnya setiap orang tua selalu memberi larangan atau batasan kepada anaknya agar tidak terjadi hal-hal yang dapat membahayakan sianak. Larangan merupakan hal yang dapat membuat sianak ini semakin tinggi rasa penasarannya untuk melakukan hal dan sianak ini nantinya akan berbohong kepada orang tuanya. Komunikasi dua arah merupakan solusi terbaik untuk mengingatkan anak untuk melarangnya melakukan hal-hal yang mereka ingin lakukan. Anda sebagai orang tua harus memberi tau mengenai resiko yang akan terjadi jika hal itu dilakukan dan ingatkanlah anak anda terus berhati-hati.

2. Beri anak perhatian dan kasih sayang
Setiap anak yang ada didunia ini pasti sangat senang, nyaman ataupun bahagia jika orang tuanya memberikan rasa kasihnya dan perhatiannya pada saat sianak membutuhkannya. Orang tua yang perduli terhadap anaknya dalam hal apapun, hal ini juga dapat membuat sianak terdidik. Perhatian yang dimaksud ini bukan berarti anda sebagai orang tua harus memberikan materi dan benda-benda yang anak anda sukai. Tindakan lah yang perlu anda perhatikan, contoh pada saat anak anda sedang belajar, disitulah anda dapat memberikan rasa kasih dan perhatian anda dengan cara menemaninya belajar walaupun menemaninya hanya duduk disebelahnya saja. nantinya sianak ini semangatnya meningkat dan jika sianak sedang kesulitan anda dapat membantu anak untuk memecahkan masalahnya.

3. Ajarkan anak agar tidak berbohong
Berilah contoh untuk membuat anak anda tidak berbohong, dan contohkanlah perbuatan yang jujur dan adil. ajarkanlah anak anda untuk sifat yang terbuka mengenai keadaannya dalam segala hal, walaupun itu menyangkut perasaannya, atau keadaan yang lainnya. Janganlah untuk membiasakan anak anda memiliki sifat yang tertutup kepada anda. Hal ini juga berdampak positif bagi anak anda, karena anda mendidiknya agar bertindak jujur dalam setiap keadaan apapun.

Baca juga : Ini Dampak Buruk Jika Sering Memarahi Anak

4. Jangan turuti semua kemauan anak
tentunya setiap orang tua sangat sayang terhadap anaknya, akan tetapi jika setiap orang tua itu selalu menuruti semua keinginan anaknya itu hal ini bukanlah cara untuk mendidik anak yang benar dan kedisiplinan anak. Hal yang dilakukan oleh orang tua ini membuat anaknya menjadi semakin manja dan tidak pernah berusaha sendiri atau selalu mengandalkan orang lain. Pada saat anak masih berusia sangat kecil sudah dimanjakan dengan menuruti semua permintaannya, maka nantinya sianak ini akan menjadi anak yang tidak mandiri, tidak mau berusaha, dan pemalas karena sianak ini memiliki pikiran ada orang tua yang selalu menuruti semua permintaannya. anda sebagai orang tua harus membiarkan anak anda untuk melakukan tugasnya sendiri agar sianak ini tidak manja, dan dapat bertanggung jawab dengan tugasnya sendiri.

5. Jangan pernah memberi hukuman dengan kekerasan fisik
pada umumnya kebanyakan setiap orang tua itu merasa marah atau sangat kesal kepada perilaku atau perbuatan anaknya yang buruk, dan bagi orang tua itu cara menghentikannya dengan cara hukuman fisik. Memukul anak merupakan salah satu tindakan orang tua yang kesal terhadap anaknya, entah apakah itu menggunakan tangan, kaki atau benda. Hal ini tidak diperbolehkan sebenarnya, jika anda memiliki anak kecil dan ketika anda anda melakukan sebuah kesalahan dan anda berperan sebagai orang tua harus menasehatinya dengan cara baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak, dan jangan sekali-kali menghukumnya dengan cara tindakan kasar. Dan jika anda memiliki anak yang usianya sudah besar atau remaja, anda dapat mengingatkannya dengan cara baik dan menerapkan hal yang dapat membuat anak ini disiplin.

Kekerasan fisik hanya dapat membuat anak anda itu jiwanya terluka, bukan hanya fisiknya atau tubuhnya saja yang terluka. Hal ini sangat berpengaruh bagi pertumbuhan sianak nantinya, karena nantinya sianak tidak dapat menahan emosinya dan pertumbuhan jasmaninya terganggu. Hukuman fisik dalam perbuatan apapun itu hanya membuat sianak ketakutan dan nantinya sianak tidak menghormati anda, anak juga keras kepala dan tidak patuh kepada anda.

Itulah bunda, beberapa hal cara mendidik anak agar tidak manja, sebab anak manja cenderung akan jadi malas dan tidak mandiri. Maka itu berikan perhatian lebih dan didikan terbaik agar sifat manja anak tidak terbawa hingga besar.

Advertiser