Sabtu, 28 Mei 2016

6 Tips Jitu Agar Anak Tidak Gampang Sakit

Tiap orang tua pasti menginginkan anaknya selalu sehat kan bun. Namun jika anak sedang sakit, banyak orang tua yang kadang panik dan bingung untuk menghadapinya. Padahal anak sakit memang mungkin terjadi, dikarenakan memang sistem imun anak kecil masih lemah dibandingkan orang yang sudah dew4sa. Apalagi jika datang musim pancaroba, tentunya anak akan mudah sekali terserang penyakit.

Anak sakit masih terbilang wajar, namun jika anak sering sekali terserang penyakit tentunya hal itu menjadi tidak wajar Bunda. Sebagai orang tua harus bisa mencegah agar anak tidak mudah sakit. Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan agar anak tidak gampang sakit seperti berikut ini.

Cara Merawat Bayi Agar Tidak Mudah Sakit

anak gampang sakit
1. Jangan buat anak stress
Dr. Lim Kwang Hsien juga berpendapat mengenai anak stress, yaitu bahwa setiap anak yang stress ini dapat terganggu pola tidur dan pola makannya. Yang nantinya hal ini akan berpengaruh negatif bagi sistem kekebalan tubuh yang nantinya mungkin menurun. Pada anak-anak pra sekolah, pada umumnya kebanyakan stess karena pada saat ingin memasuki sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) atau juga sianak ini memiliki masalah dengan teman sebayanya. Orang tua harus membantu anaknya untuk mengatur beban hidupnya yang dapat membuatnya stess, Caranya :
  • Kurangkanlah aktivitas yang tidak menyenangkan diluar PAUD, seperti Les-les yang membuat anak bosan.
  • Biarkanlah anak anda menjadi dirinya sendiri.
  • Bantulah anak anda agar dirinya itu nyaman dan berani untuk berbicara pada anda, biasanya orang tua itu harus memulainya dengan bercerita.
  • Ajarkan anak anda untuk mengetahui bagaimana cara menyelesaikan masalah

2. Berikan cukup tidur yang berkualitas
Setiap anak pasti sangat perlu aktivitas-aktivitas yang dapat mengembangkan imajinasi dan kreativitas sianak, akan tetapi sianak juga perlu beristirahat. Anda sebagai orang tua harus memastikan bahwa waktu tidur anak ini cukup dan berkualitas, maksudnya sianak ini tidur dengan nyenyak tanpa perlu sering terbangun. Ada seorang dokter anak dari Kinder clinic-Mount Alvernia Medical Centre, AS yang bernama Dr. Lim Kwang Hsien beranggapan, bahwa kurang tidur yang terjadi pada anak ini dapat mengakibatkan alat yang memelihara kekebalan tubuh ini menurun atau juga disebut produksi protein sitokin.
Orang tua harus memantau anaknya tidur, Anak yang berusia 3 sampai 6 tahun harus tidur 10-12 jam perharinya.

3. Berikan vaksinasi pada anak
Penyakit tidak harus diobati setelah terkena infeksi, akan tetapi anda sebagai orang tua harus mencegahnya dengan vaksin. Ada seorang dokter spesialis obat dan kesehatan anak yang berasal dari Raffles Children Centre, singapura. yang bernama Dr Chu Hui Ping yang beranggapan "Vaksin adalah Imitasi yang menyebabkan tubuh menjadi memiliki kekebalan yang spesifik terhadap penyakit maupun infeksi. Setelah anak anda divaksinasi, nantinya anak anda tidak akan mengalami sakit karena infeksinya sudah diatur oleh kekebalan tubuhnya". Caranya dengan memberikan vaksin yang sudah wajid, yaitu dengan memberikan Polio, BCG, dan DTP ataupun jika lebih baik lagi sianak ini diberi vaksin-vaksin tambahan. satu hal lagi anda harus memerhatikan usia anak juga.


4. Berikan Makananan yang dapat mendongkrak imun
Jika anak diberikan Asupan yang tinggi seperti vitamin C, A, E, D, Omega-3 dan Zinc maka nantinya sianak sel darah putihnya meningkat dan T-sel pelawan penyakit. Anda dapat memberikan vitamin A seperti Wortel, melon, sayur bayam, dan ubi; dan Vitamin C dari buah-buahan atau sayur seperti beri-berian, jeruk dan brokoli; Vitamin E berasal dari sayur hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian; Dan jika vitamin D berasal dari ikan, susu, dan paparan sinar matahari pukul 10-2 siang; Zink berasal dari daging sapi, daging unggas, dan kacang-kacangan. Sedangkan Omega-3 berasal dari yoghurt, ikan laut, dan biji-bijian.

Baca juga : Cara Mengatasi Anak Manja Agar Mandiri

5. Perhatikan kebersihan anak
Anda sebagai orang tua harus memerhatikan kebersihan sianak seperti, pakaiannya, tubuhnya, Makanan atau minuman yang dikonsumsi anak, ataupun lingkungannya. Karena kuman itu berada dimana-mana guys. Mengingat polah si 3 tahun, tentu dia sangat beresiko tinggi untuk terkena kuman. Akan tetapi, menjaga kebersihan disini bukan berarti anda harus mengunci anak anda didalam kamar agar sianak ini tidak terpapar kuman.
Caranya :
  • Biasakan sianak ini mandi 2kali sehari dan seringlah mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan sesudah makan.
  • ajaklah anak anda dalam membersihkan benda-benda, seperti mencuci pakaian, piring ataupun mobil agar sianak terbiasa bersih.
  • Anda harus memerintahkan anak anda agar mengganti pakaiannya minimal 2 kali/harinya (bersih).

3. Ajak untuk berolah raga
Melakukan aktivitas fisik atau olahraga yang rutin ini nantinya sel-sel pembunuh alami atau T-sel yang terdapat pada tubuh akan meningkat. Ada dokter spesialis kesehatan dan imunitas anak dari Memorial University of Newfoundland, kanada yang bernama Ranjit Chandra beranggapan. "Anak-anak yang aktif setiap hari juga mendapatkan manfaat seperti orang yang berolahraga rutin". Jika anak anda sebelumnya sudah sering sekali memainkan gadgetnya, maka anak anda susah untuk dibujuk berolahraga.
Caranya :
  • Kurangkanlah screen time anak atau waktu untuk memainkan teknologi berlayar
  • Anda harus menjadi orang tua yang olahraganya aktif/rajin agar anak anda menirunya.
  • Jadwalkanlah aktivitas diluar bersama keluarga secara rutinnya.

itulah beberapa cara yang bisa Bunda lakukan agar sistem imun anak tidak lemah sehingga anak tidak mudah untuk terserang penyakit.

Advertiser